Home » » Analisa Kerusakan Dan Perbaikan Keypad Pada Ponsel

Analisa Kerusakan Dan Perbaikan Keypad Pada Ponsel

Teknologi Support – Jika artikel yang lalu kita telah membahas tentang Analisa Kerusakan Dan PerbaikanHandsfree Pada Ponsel, kali ini kita akan membahas tentang Analisa KerusakanDan Perbaikan Keypad Pada Ponsel. Memang sedikit ringan artikel kali ini, namun ada baiknya kami sampaikan agar yang baru belajar service Hardware juga dapat mengerti. Let’s Go Brada.



Keypad berfungsi sebagai peralatan input yang memberikan perintah data kepada CPU ponsel untuk diproses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang berkaitan dalam ponsel.



Ada beberapa ciri kerusakan keypad, diantaranya :
- Tombol sulit ditekan,


- Sebagian tombol dalam satu kelompok tidak berfungsi atau semua tombol dalam satu kelompok tidak berfungsi. Pengertian dalam satu kelompok dari point 2 diatas adalah kelompok dalam-dalam (Clear, 0, up), (1, 2, down), (4, 5, 6) dst. Kelompok luar-luar (Clear, 1, 4, 7, *), (2, 5, menu), (0, 6, 9, #) dan seterusnya. 

- Semua tombol tidak berfungsi, tombol berubah fungsi atau tombol aktif sendiri.



- Ketika salah satu tombol ditekan, ponsel langsung heng.


Untuk beberapa kasus diatas, mari coba kita selesaikan dengan langkah-langkah dibawah ini :

Tombol sulit ditekan


Bersihkan papan PWB dibawah keypad dan keytone dengan karet penghapus pinsil, atau dengan tiner. Bila perlu, keytone diganti dengan yang masih baik pada keytone tombol yang sulit ditekan.





Sebagian tombol dalam satu kelompok tidak berfungsi 


Lakukan jumper antar tombol di papan PWB dari tombol yang tidak berfungsi ke tombol yang berfungsi (dalam satu kelompok).

Contoh (lihat gambar 3): tombol 9 dan # tidak berfungsi, maka lakukan jumper dari tombol 6 yang berfungsi ke tombol 9 dan #.









Semua tombol dalam satu kelompok 
Dapat di periksa pada bagian Emif, jika rusak harus diganti. Kerusakan tersebut dapat juga diperbaiki dengan jumper tombol ke Emif. Selain itu bisa dimungkinkan putus jalur antara Emif ke CPU, solusinya Jumper. 


Note : Untuk mengetahui secara tepat apakah keypad putus jalur atau tidak, lakukan test point dengan mengukur tegangan pada linkar dalam dan luar papan PWB menggunakan multi tester digital ataupun analog.



Semua tombol keypad tidak berfungsi tombol berubah fungsi atau tombol aktif sendiri
Bisa dikarenakan Saklar, Keytone, Dioda, Emif atau CPU yang rusak (periksa satu per satu dengan copot satu per satu bagian di jalur keypad. bila rusak, ganti pada bagian yang rusak). Namun demikian, kerusakan pada kasus seperti ini sebagian besar terletak pada Emif yang telah rusak.



Keypad ketika salah satu tombol ditekan, handphone langsung heng 
Penanganannya dapat dilakukan dengan software ulang.

0 komentar:

Posting Komentar