Home » » Memperbaiki Sendiri Kipas Laptop / Notebook Yang Mati

Memperbaiki Sendiri Kipas Laptop / Notebook Yang Mati

Teknologi Support - Artikel kali ini, kita akan mencoba belajar Memperbaiki Sendiri Kipas Laptop / Notebook Yang Mati. Memang bukan artikel pertama untuk bahasan ini, tetapi tidak salahnya jika kita review kembali. 

Dalam kasus laptop / notebook akan sering di keluhkan adanya kenaikan suhu sampai batas tidak normal ( sangat Panas ). Hal ini disebabkan karena pembentukan sirkulasi udara di dalam Laptop / Notebook. Jika kita perhatikan pada bentuk fisik sebuah PC, maka benda tersebut akan lebih mudah di bangun sebuah sirkulasi. Namun akan berbeda pada sebuah Laptop / Notebook, dengan rangkaian yang lebih padat maka akan lebih sulit terbentuk sirkulasi udara yang bebas.

Kipas laptop yang mati sering di sebabkan oleh tidak berfungsinya sensor panas pada Laptop / Notebook karena kondisi panas, sedangkan kondisi panas yang terjadi pada Laptop / Notebook sering di sebabkan karena tersumbatnya saluran pembuangan angin yang   menyebabkan udara panas didalam Laptop / Notebook. Kondisi ini lama kelamaan akan menimbulkan kondisi overheat ( panas yang berlebih ) , panas inilah yang sering merusak sensor panas pada Laptop / Notebook sehingga kipas Laptop / Notebook tidak bekerja dengan baik dan akhirnya Laptop /Notebook sering mati mendadak.


Cara mengatasi :
Jika kipas laptop/notebook anda sudah tidak bekerja dengan semestinya, silahkan coba langkah berikut ;

- Buka chasing Laptop / Notebook bagian belakang sehingga terlihat kipas Laptop / Notebook anda.

- Perhatikan kabel kipas anda, biasanya ada 3 ( Merah, Hitam dan Kuning )

- Cabut kabel Merah ( + ) dan hubungkan ke Positif 5 volt USB ( anda bisa menghubungkanya secara permanent ).

- Setelah Kipas dapat bekerja, bersihkan saluran angin Laptop / Notebook agar masalah yang sama tidak terjadi lagi, untuk melakukan ini sebaiknya lepas kipas pendinginan Laptop / Notebook. Anda bisa membersihkannya dengan kuas Kecil yang lembut dan menyedotnya dengan mini vacum Cleaner.

4 komentar:

  1. maaf, bisa tolong diberi gambar keterangannya biar lebih jelas? saya benar-benar butuh. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke link video ini mbak,..
      http://www.youtube.com/watch?v=RpHTek7UiyQ
      Smoga bermanfaat,..
      Tks

      Hapus
    2. pak, laptop saya(dell inspiron 1440) menyala tapi tidak ada tampilannya sama sekali di monitor, lalu saya cek daleman Mobo nya saya lihat "kipas laptopnya kadang mati kadang menyala, kalaw nyala juga putarannya ga terlalu kencang" apa laptop saya tidak ada tampilan karna kipas juga?..mohon pencerahannya ya pak# cikalcn@gmail.com

      Hapus
    3. klo tdk ada tampilan sama sekali, ada kemungkinan jg berhubungan dg kipasny, hanya sj kmungkinan itu kecil..
      Yg ada, bila kipas tidak menyala, berakibat pd mobonya panas (over head) dan laptop mati,..

      untuk kerusakan monitorny, cb cek kembali perangkat pendukung monitor, kemungkinan ada yg rusak ato emang monitornya yg rusak,..
      sedangkan untuk kipasnya, coba bersihkn seperti langkah diatas td untuk memastikannya, bila sudah tdk memungkinkn, ganti kipas, namun itu belum tentu menyelesaikan masalah monitor yg tidak menyala, karena bisa jadi kedua masalah tersebut disebabkan oleh dua penyebab yang berbeda,..

      Hapus