Home » » Perbaikan LCD Pada Ponsel BlackBerry Onyx

Perbaikan LCD Pada Ponsel BlackBerry Onyx

Teknologi Support - Artikel kali ini mengangkat tentang perbaikan LCD karena Blank Putih, LED mati atau lain sebagainya (mengganti komponen di jalur LCD). Kalau untuk LCD yang pecah, ya mesti diganti, tidak ada triknya.
Trik ini biasanya dipakai oleh para teknisi, untuk menekan biaya jasa servise, ada kalanya juga bila sudah terdesak (konsumennya minta cepet, tapi stock LCD lagi kosong). Namun, tidak disarankan untuk ngibulin konsumen ya,..!!!!

Dibawah ini ada beberapa Trik perbaikan LCD pada Ponsel BlackBerry Onyx yang diberikan oleh Brada http://facebook.com/ikkimutz.

 
Untuk LCD yang Blank Hitam, Blank Putih atau Redup atau sebentar normal sebentar Redup,,
Buka kaleng penutup LCD bagian belakang, kemudian tarik pelan-pelan flexibelnya, hati2 flexibel ada doublel tipenya dan perhatiin capasitor-capasitornya.

Untuk kasus mati LED LCDnya, cek lampunya satu per satu, biasanya lampu yang pertama putus tinggal ganti saja.
Untuk LED hidup tapi Redup, cek capasitornya, biar lebih jelas liat skema, tinggal urutin jalur VLEDnya, biasanya ganti capasior yang besar di LCD, langsung done.


LCD Blank Putih: perhatikan capasitor/resistor pada jalur LCD data.

LCD nyala tapi Redup : cek jalur data dan juga jalur data dan jalur LCD RD, WR,A0,CS.
Cek juga tegangan yangg masuk ke LCD, cek di capasitor di LCDnya, Jika tidak masuk tegangannya, cek jalur dari konektor LCD ke capasitor/resistor, Jika tegangan masuk tapi tidak sesuai dengan tegangan dari ponsel bisa di pastikan capasitor/resistor tersebut rusak. nb: Jika akan ganti LED/capasitor, jangan gunakan banyak flux, dikhawatirkan akan ada bercak di LCD.



Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar