Home » » Analisa Kerusakan Dan Langkah Perbaikan LED Pada Ponsel

Analisa Kerusakan Dan Langkah Perbaikan LED Pada Ponsel

Teknologi Support - Artikel yang lalu kita telah membahas tentang Analisa Kerusakan Dan Langkah Perbaikan Keypad Pada Ponsel, dan kali ini, kami akan menurunkan kembali artikel tentang Analisa Kerusakan Dan Langkah Perbaikan LED Pada Ponsel. Hhhmmm, sepertinya artikel ini sudah terlalu sering kami posting, tapi tak papalah. Kalau kemarin-kemarin artikel lepas yang berdiri sendiri, kan kali ini merupakan satu kesatuan tutorial.

Oke, langsung saja kita meluncur.



“LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode (dioda cahaya). Lampu LED adalah lampu masa depan (dalam istilah teknologi) yang hemat dan ramah lingkungan dan juga tahan lama sampai dengan 10 tahun", http://www.slideshare.net/diatmika/pengertian-led.



LED fungsinya memberikan cahaya terang pada ponsel agar bisa difungsikan sewaktu kondisi gelap dan butuh pencahayaan. Pada beberapa type ponsel, LED LCD berhubungan langsung dengan LED keypad yang artinya jika LED LCD mengalami kerusakan, LED keypad juga ikut mati. Hal ini dikarenakan jalur pada LED LCD dan LED keypad berada dalam satu sistem jalur kerja.

Coba perhatikan Skema LED pada Ponsel Nokia 1110 dibawah ini :


                                        (Gambar 1 : Skema Jalur LED Nokia 1110)


Selain tambahan penjelasan diatas, perlu kami sampaikan pula bahwa di beberapa type ponsel, LED ada yang menggunakan emif (sebagai pemberi tegangan kerja) dan tanpa menggunakan emif.

Dibawah ini contoh diagram LED dengan emif
                                          
(Gambar 2. : Diagram LED Dengan Emif)

Sekilas dari penjelasan diatas, apa yang harus dilakukan jika LED LCD dan LED keypad tidak bisa menyala???

Dibawah ini langkah-langkah pemeriksaan dan perbaikannya (silahkan sambil melihat skema LED Nokia 1110 diatas dan komponen perbaikan LED Nokia 1110) :





a. Cek tegangan soket konektor LCD. 

Pada type Nokia 1110 ini, ada 10 kaki dalam soket LCD yang setiap kaki-kaki tersebut memiliki terhubung dengan komponen lainnya, yang dapat dijabarkan sbb :

- Kaki 1, 2, 4 dan 5 terhubung dengan resistor sebagai pengantar tegangan.

- Kaki 3 ground.
- Kaki 6 berasal dari emif yang emif tersebut menghasilkan tegangan VLED 7.5 volt.
- Kaki 7 juga berasal dari emif yang emif tersebut menghasilkan tegangan VLED 3.5 volt.
- Kaki 8 not connected (tidak terhubung).
- Kaki 9 memberikan tegangan Vflash 2.8 volt.
- Dan kaki 10 memberikan tegangan VIO sebesar 1.8 volt.
Indikator LED bermasalah adalah, ada beberapa tegangan pada soket LCD hilang ataupun nilainya tidak sesuai (kurang). Yang harus dilakukan adalah (lihat langkah selanjutnya).

b. Periksa jalur soket.
Ambil contoh soket kaki 1, kaki 1 tersebut terhubung dengan resistor (R2408). Bila kaki 1 tidak mengeluarkan tegangan yang disebabkan antara R2408 ke kaki 1 tidak terhubung, sedangkan R2408 dalam kondisi baik, maka lakukan pengecekan jalur dengan avometer. Setel avometer pada indikator buzzer. Hubungkan testprobe merah (+) di R2408 dan testprobe hitam (-) ke kaki soket 1, atau boleh bolak-balik. Jika dalam pemeriksaan avometer menunjukkan nilai resistansi “001” atau berbunyi, berarti jalur soket kaki 1 tersebut dalam kondisi baik. Dan jika sebaliknya, yang harus dilakukan adalah dengan menjumper R2408 ke kaki 1 soket LCD. 

c. Bila setelah melakukan langkah pada point a dan b namun LED belum menyala, lakukan langkah pemeriksaan pada kapasitor / resistor dijalur soket LCD. Kita ambil contoh lagi pada jalur soket kaki 1 yang terhubung dengan R2408. Lakukan pengecekan R2408 dengan avometer. Hubungkan testprobe hitam (-) sedangkan testprobe merah (+) ke salah satu sisi R2408, dan lakukan kedua belah sisi R2408. Dalam pemeriksaan R2408, kedua sisinya harus memiliki nilai resistansi, bila demikian R2408 dalam kondisi baik. Pemeriksaan R2408 juga dapat dilakukan menghubungkan testprobe hitam (-) dan testprobe merah (+) ke dua belah sisi R2408. Bila kondisi komponen telah mengalami korosi, lakukan penggantian.

d. Lakukan pengecekan emif LED, bila kaki 6 dan 7 soket LCD tidak mengeluarkan tegangan (VLED) atau tegangan tidak sesuai, lakukan pengecekan kaki 6 dan 7 dengan avometer. Setel avometer pada setelah 10 volt. Hubungkan testprobe merah (+) ke ground PWB sedangkan testprobe hitam (-). Hasil dari pengecekan avometer harus menunjukan nilai 7.5 volt pada kaki 6 dan 3.6 volt pada kaki 7. Lakukan reflow emif dengan blower sambil goyang setelah itu, lakukan pengecekan kembali. Bila setelah di lakukan reflow namun kaki 6 dan 7 belum mengeluarkan tegangan yang sesuai, lakukan penggantian emif LED.

e. Sebelum melakukan penggantian emif LED, ada baiknya cek terlebih dahulu komponen regulator, seperti dibawah ini :

Lakukan penggantian jika regulator ini telah rusak.


f. Setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan namun LED belum nyala, lakukan pengecekan pada bagian LED keypad dan koil seperti dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar