Home » » Kerusakan Microphone Dan Speaker Pada Ponsel

Kerusakan Microphone Dan Speaker Pada Ponsel

Teknologi Support – Artikel kali ini kita akan membahas dua bahasan sekaligus, yaitu Microphone dan Speaker. Sebagai dasar sistem kerja Mic dan Speaker, baca kembali artikel tentang Sistem Kerja Ponsel Pada Bagian Data Dan Audio yang lalu. Nah, jika sudah mengerti, kita lanjutkan bahasan Microphone terlebih dahulu. Let’s Go Brada.







MICROPHONE
Kerusakan yang sering terjadi pada bagian microphone adalah microphone bisu atau dengan kata lain lawan bicara tidak dapat mendengar suara kita.



Langkah yang diambil :

Pertama,

Periksa microphone dengan avometer. Setel avometer pada kaliberasi buzzer. Hubungkan testprobe merah (+) ke kabel microphone merah (+) dan tesprobe hitam (-) ke kabel microphone hitam (-) atau sebaliknya. Microphone yang baik, biasanya akan mengeluarkan suara bergemerisik. Jjika tidak mengeluarkan suara gemerisik, lakukan penggantian mic.

Kedua,
Jika microphone masih baik, langkah selanjutnya cek jalur microphone. Ada kemungkinan jalur microphone mengalami putus jalur. Jika putus jalur, jumper antar komponen yang putus tersebut.

Ketiga, Jika setelah melakukan pemeriksaan microphone, jalur dan hasilnya baik, lakukan pemeriksaan pada komponen dijalur microphone, ada kemungkinan kapasitor / resistor dijalur tersebut mengalami kerusakan.

Keempat,Periksa IC audio. Goyang IC audio dan bila perlu lakukan penggantian.

Kelima,Bila semua langkah tersebut diatas telah dilakukan tetapi microphone masih juga belum berfungsi, periksa IC power. Goyang IC dan bila perlu, lakukan penggantian.

Keenam,Langkah terakhir, periksa IC CPU. Goyang IC CPU, dan bila sudah dilakukan namun microphone masih belum berfungsi, pertimbangkan untuk melakukan penggantian IC CPU.



SPEAKER


Speaker adalah perangkat output audio yang masih berbentuk gelombang elektromaknetik kemudian diubah menjadi suara melalui IC audio yang diterima dari CPU.



Beberapa permasalahan pada speaker :
1. Suara tidak terdengar

2. Suara terdengar kecil

3. Suara terdengar pecah
4. Suara terengar putus-putus



Penyelesaian masalah suara tidak terdengar

Untuk lebih mengerti tentang suara speaker tidak terdengar, perhatikan terlebih dahulu skema jalur speaker pada Nokia 6600 dibawah ini :




RETU adalah IC power utama yang bertugas memberikan supply tegangan pada CPU, SIM Card, serta startup power dan tegangan vital lainnya. Juga memproses Signal Audio (vibrator, microphone, earphone dan speaker phone). Kerusakan pada RETU dapat menyebabkan ponsel mati total dan kerusakan lainnya.



Pertama,

Periksa speaker dengan avometer. Setel avometer pada kaliberasi buzzer. Hubungkan testprobe merah (+) ke kabel speaker merah (+) dan tesprobe hitam (-) ke kabel speaker hitam (-) atau sebaliknya. Speaker yang baik, akan mengeluarkan seuara gemerisik pada saat di lakukan pengecekan.


Kedua,
Periksa jalur speaker. Salah satu penyebab rangkaian pada jalur speaker mengalami putus jalur adalah adanya benturan pada ponsel sehingga komponen pada jalur tersebut tidak saling terhubung. Bila diambil contoh untuk kasus putus jalur (lihat gambar 4 diatas), dapat di ilustrasikan sebagai berikut. Perhatikan resistor R357 dan R354. Speaker dapat berfungsi jika R357 dan R354 saling terhubung.

Ketiga,
Jika setelah melakukan pemeriksaan speaker, jalur dan hasilnya baik, lakukan pemeriksaan komponen kapasitor / resistor dijalur speaker. diatas.

Keempat,
Periksa IC audio. Salah satu penyebab dari kerusakan IC audio adalah timah yang berada dibawah IC audio telah retak ataupun nilai resistansi di IC audio telah menyimpang. Goyang IC audio, bila perlu lakukan penggantian

Kelima,
Periksa juga IC power. Jika langkah-langkah diatas telah dilakukan namun speaker masih belum berfungsi dengan baik, Lakukan pemeriksaan IC power. Putar skala avometer ke setelan buzzer. Hubungkan testprobe hitam (-) avometer di konektor bateray (+) dan testprobe merah (+) avometer pada kaki (+) kapasitor vbatt (+) yang berhubungan langsung dengan arus masuk ke IC power. Jika indikator avometer mempunyai nilai resistansi, maka jalur dari positif (+) batray ke IC power baik. 
Jika hasil pemeriksaan IC power hasilnya kurang baik, lakukan terlebih dahulu reflow IC power dan goyang (ada kemungkanan timah dibawah IC power retak). Jika setelah digoyang namun speaker belum berfungsi, coba lakukan penggantian IC power.

Keenam,
IC CPU. CPU merupakan serangkaian komponen elektronika yang terintegrasi dan akan berfungsi sesuai dengan tugasnya masing-masing. Komponen ini mempunyai tugas yang sangat signifikan, karena komponen ini merupakan otak dan suatu ponsel. Dengan kata lain CPU adalah pusat dan sistem kerja ponsel.
Setelah melakukan pemeriksaan serperti pada komponen seperti speaker, jalur dan kapasitor / resistor, IC audio, IC power telah baik, ada kemungkinan IC CPU bermasalah. Maka reflow IC dan goyang IC CPU dengan panas blower (ada kemungkanan timah dibawah IC CPU retak). Jika setelah digoyang namun speaker belum berfungsi, coba lakukan penggantian IC CPU.



Penyelesaian masalah suara terdengar kecil

Untuk mengatasi suara speaker terdengar kecil, lakukan langkah berikut :

Coba cek pada komponen varistor (dari contoh gambar diatas, pada varistor R354 dan R355, komponen yang berhubungan dengan suara yang besar kecilnya suara).

Sedangkan pemeriksaannya dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan resistor / kapasitor.

Penyelesaian masalah suara terdengar pecah
Coba cek pada komponen kapasitor (dari contoh gambar diatas, pada kapasitor C355, komponen yang berhubungan dengan kualitas suara). Untuk kapasitor ini, biasanya berbentuk kaki empat. 
Sedangkan pemeriksaannya dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan resistor / kapasitor.

Penyelesaian masalah suara terdengar putus-putus
Coba cek pada komponen kapasitor (dari contoh gambar diatas, pada kapasitor C356).

0 komentar:

Posting Komentar