Home » » Analisa Kerusakan dan Langkah Perbaikan Buzzer Pada Ponsel

Analisa Kerusakan dan Langkah Perbaikan Buzzer Pada Ponsel


Teknologi Support – Artikel yang lalu kita telah membahas tentang Analisa Kerusakan Dan Langkah Perbaikan Jalur Charging Pada Ponsel (Bagian II), Kali ini kita akan membahas tentang bahasan Analisa Kerusakan dan Langkah Perbaikan Buzzer Pada Ponsel. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita ke materi.





Buzzer adalah alat yang berfungsi merubah tenaga listrik menjadi bunyi. Sistem kerja buzzer dikontrol oleh IC Interface yang mendapat perintah dari IC CPU.



Perhatikan sistem kerja buzzer dibawah ini :


(Gambar 1 : Diagram Sistem Kerja Buzzer)

Indikator kerusakan buzzer adalah, pada saat telephone masuk tetapi ada getar, lampu pada LCD dan keypad menyala tetapi buzzer tidak berbunyi, sedangkan setelan profile pada posisi umum.



Pemeriksaan untuk kerusakan buzzer :

Periksa buzzer dengan avometer.

Atur avometer pada indikator buzzer. Kemudian hubungkan testprobe merah (+) ke kabel buzzer merah (+) atau boleh bolak balik, biasanya akan terdengar bunyi gemerisik yang mengisyaratkan bahwa buzzer dalam kondisi baik. Jika kondisi buzzer sudah tidak baik, lakukan penggantian.

Langkah kedua setelah pemeriksaan fisik buzzer adalah cek jalur. Jika pada pemeriksaan jalur dan hasilnya jalur tersebut baik, lakukan langkah selanjutnya.

Lakukan pemeriksaan komponen pada jalur buzzer. 

Jika pada langkah-langkah pemeriksaan diatas telah dilakukan namun buzzer masih belum bekerja, lakukan pemeriksaan IC charging. IC charging akan bekerja secara otomatis pada saat pengisian tegangan bateray yang dikendalikan oleh CPU melalui IC pengontrol. Kerusakan pada IC charging dapat menyebabkan buzzer tidak biasa bergetar atau saat ponsel di on kan, buzzer akan langsung bergetar. 

Lakukan pemeriksaan IC charger dengan avometer, setel avometer pada kaliberasi 20 volt, lalu hubungkan charger yang dialiri arus listrik ke konektor chager di ponsel. Lalu hubungkan testprobe merah (+) avometer pada konektor positif baterai dan testprobe hitam (-) pada konektor negatif baterai, indikator avometer akan menunjukkan nilai yang sesuai dengan tagangan yang ada pada bateray, berarti IC charger dalam keadan baik. Jika IC charger bermasalah, lakukan penggantian.


0 komentar:

Posting Komentar