Home » » Fungsi-fungsi Komponen Pada Ponsel

Fungsi-fungsi Komponen Pada Ponsel


Teknologi Support - Artikel yang lalu kita telah membahas tentang artikel Memahami Skema Diagram Ponsel Artikel kali ini akan membahas tentang Fungs-fungsi Komponen Pada Ponsel. Materi ini kami anggap cukup penting sebagai Ilmu Dasar Service untuk memudahkan analisa yang tepat dari kasus yang didapat. Karena materinya tidak terlalu berat, Santai saja untuk kali ini, karena materi yang akan datang, ehn.ehm,.. siapin saja kopi bergelas-gelas tuk memahaminya,.. (lebaaaaaayyy),.. Lanjut kaaang,..

1. Antena


Fungsinya untuk menangkap dan memancarkan gelombang Sinyal yang diterima oleh ponsel.

2. Switch Antena
Berfungsi sebagai duplexer / pemisah antara sinyal RX (penerimaan) dan TX (pemancaran) dan bisa juga disebut sebagai terminal pada ponsel.

3. Filter RX
Berfungsi sebagai penyaring frekwensi yang diinginkan, agar sinyal menjadi lebih bersih yang akan diterima oleh ponsel.

4. Penguat RX (Transistor)
Berfungsi sebagai penguat frekwensi penerimaan yang telah disaring oleh filter RX sebelum diproses lebih jauh oleh ponsel atau di sebut dengan transistor yang mendeteksi, kuat lemahnya sinyal dan mengirimkan data kepada CPU untuk diolah dan kemudian memberikan data keseluruh komponen terkait, Khususnya dengan hardware yang berkaitan dengan sinyal.

5. IC RF ( Regulator Frekwensi )
Berfungsi sebagai pengontrol sinyal RX (yang diterima) dan TX (yang dipancarkan), agar setiap bagian dapat bekerja baik, terdiri dari : IF, Mixer, Oscilator, Detector, Encoder, Decoder, AFC, Tone Freuency, Squelch.

6. VCO ( Voltage Control Oscilator )
Berfungsi sebagai Oscilator / Pembangkit frekwensi yang akan dikirim melalui bagian TX (Pemancaran) dan memeriksa frekwensi yang masuk melalui bagian RX (penerimaan) agar tetap sama dengan yang di pancarkan dan juga untuk mengatur tegangan pulsa dari RF signal processor.

7. Filter TX
Berfungsi sebagai penyaring frekwensi yang akan dikirim (dipancarkan) sebelum diperkuat lagi oleh komponen lain yang terdapat di dalam ponsel.

8. IC PA ( Power Amplifier )
Berfugsinya sebagai penguat akhir sinyal yang akan di pancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat didalam ponsel.

9. IC Audio
Berfungsi sebagai:
a. Pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, diperkuat dan diteruskan ke Loud Speaker.
b. Memperkuat getaran suara yang telah dirubah Mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF.
c. Menjalankan perintah data dari CPU
d. Pada IC audio juga terdapat PCM (Pulse Code Module ) dan EEPROM yang berfungsi membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan Imei Ponsel juga menyimpan data-data yang bersifat permanen seperti : Imei, Phone Code, Sec.Code

10. Bateray
Berfungsi sebagai sumber arus / tegangan.

11. IC Power Supply (PS)
Berfungsi sebagai :
a. Sebagai pensuplay arus/tegangan kesetiap bagian ponsel.
b. Mengeluarkan tegangan stanby (VBB) Ke CPU, IC Audio, LCD, IC Flash dan IC RAM.
c. Sebagai penguat awal / pendeteksi data dari Sim Card dan diteruskan ke CPU.
d. Pengontrol kerja dari IC Charging.

12. IC Charging
Berfungsi sebagai pengontrol tegangan/ arus yang masuk dari charger dan di sesuaikan dengan tegangan pada bateray, kemudian diteruskan ke bateray.

13. IC CPU ( Central Processing Unit )
Berfungsi sebagai pusat pengolahan data pada seluruh bagian ponsel, antara lain:
a. Memerintahkan IC Power Supply untuk mensupply tegangan / arus keseluruh bagian ponsel.
b. Memerintahkan LCD untuk menampilkan aktifitas pada ponsel.
c. Memerintahkan IC Flash untuk menyimpan data dan mengeluarkannya pada saat dibutuhkan.
d. Memeriksa data dari Sim Card yang masuk melalui IC Power Supply.
e. Menerima perintah data dari Keypad untuk di proses.

14. IC RAM ( Random Acces Memory )
Berfungsi untuk membantu pekerjaan CPU dalam memproses data, menyimpan data sementara yang tergantung dengan arus lisrik dan membantu kinerja CPU. semakin besar kapasitas RAM semakin baik kinerja CPU.

15. IC Flash
Berfungsi untuk menyimpan data-data yang sifatnya sementara karena datanya dapat dirubah ataupun ditambah pada ponsel, seperti : bahasa, aplikasi dan menu pada ponsel.

16. LCD (Liquit Cell Disply)
Berfungsi untuk menampilkan semua kegiatan / aktifitas pada ponsel.

17. EEPROM
Tempat penyimpanan data utama yang permanent atau data pabrik, dan bekerja tidak dengan ada atau tidak adanya arus listrik pada ponsel, karena mempunyai daya listrik tersendiri. Sedangkan letaknya terdapat pada IC audio.

18. Keypad ( Tombol )
Berfungsi sebagai alat yang memberikan perintah data kepada CPU untuk di proses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang terkait dalam ponsel.

19. IC Interface ( Penghubung )
Berfungsi sebagai pengontrol data yang diperintahkan pada CPU untuk Vibrator, Buzzer, lampu dan bersifat sebagai saklar otomatis.

20. Slot Sim Card
Berfungsi sebagai pengontrol data yang ada pada Sim Card sebelum diteruskan ke IC power supply.

21. IR T/R Dioda
Sebagai pemancar dan penerimaan frequency data dengan menggunakan cahaya infra merah, digunakan untuk mengiring dan menerima data aplikasi software, tanpa perlu kabel data.

22. Bluetooth
Komponen ini pemancar dan penerimaan frekuensi data dengan menggunakan gelombang radio atau gelombang frekuensi dengan fungsi-fungsi yang sama dengan infra red.

23. Speaker
Suatu alat untuk keluarnya suara yang sebelumnya hanyalah getaran listrik dan diubah menjadi suara dengan melalui IC Audio, yang diterima oleh CPU untuk mengeluarkan suara yang terdapat dalam ponsel.

24. Microphone
Suatu alat untuk berbicara dan cara kerjanya ialah mengubah getaran suara menjadi getaran listrik agar suara yang diterima bisa diproses oleh komponen ponsel lainnya.

25. SIM Card
Identitas diri dari setiap ponsel yang sedang aktif tergantung dari provider sim card yang digunakan, dengan cara diproses oleh CPU yang terdapat dalam ponsel.

26. Flexibel
Berfungsi sebagai penghubung antara komponen satu dengan komponen lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar