Home » » Tiga Langkah Perbaikan Ponsel Mati Total

Tiga Langkah Perbaikan Ponsel Mati Total


Teknologi Support - Artikel yang lalu kita telah membahas tentang Syarat Tegangan Kerja Ponsel Untuk Hidup, kali ini kita akan membahas tentang Tiga Langkah Perbaiakan Ponsel Mati Total. Kalau kami boleh mendefinisikan Ponsel Mati Total adalah kondisi dimana ponsel saat dihubungkan dengan power supply dengan memberikan tegangan sebesar 3.6 ~ 5 volt kemudian switch on/off ditekan, jarum pada Amper power supply  menunjukkan nilai 0 mA (nol mA). Kondisi Ini sebenarnya merupakan kondisi arus listrik yang masuk dari power supply tidak dapat masuk ke IC Power.

Belum ada pemanasan, langsung disikat dengan teori ya brada???, semoga mbacanya gak mbuat perut pusing dan kepala menjadi mual,.. hehehe,..

Kita lanjut lagi dengan beberapa Sharing kasus ya….

Pasti brada pernah dapat kasus Ponsel Mati Total (matot). Iseng-iseng bersihkan switch on/off dengan cairan tiner, eeeehh, sudah bisa Nota. Ada lagi kasus ponsel Matot, saat dihidupkan dengan baterai, tetapi coba hidupkan dengan Power Supply, ponsel langsung nyala. Nah, nota lagi nich. Ada lagi niiiih dapat Ponsel Matot, goyang IC Power, coba hidupkan, langsung Nota. (kalau dapat kasus Matot kayak begini terus sih, kita buat sinetron Tukang Service Naik Haji. Hahaha,.. mimpi yang baru bisa sekedar mimpi tuk sekarang ya).
Nah, kalau demikian, memberi “Nyawa” Ponsel gampang dunk???...
Ya.ya.ya. kalau kami bisa katakana, Susah.Susah.Gampang lah, 2 x Susahnya, tetapi 1 x Gampangnya (baca kembali kata-kata Susah.Susah.Gampangnya)

Baik, dari pada kita cuma bisa mengatakan Susah.Susah.Gampang, lebih baik kita masuk ke teori saja.


Dari beberapa kasus diatas, kita sedikit punya gambaran tentang Ponsel Mati Total,
1. Jalur Switch On/Off bermasalah,
2. Jalur Supply Tegangan Ponsel bermasalah dan
3. IC Power bermasalah.

Dari ketiga gambaran permasalahan Ponsel Mati Total tersebut, dapat kita persempit kembali kerusakannya pada dua hal;
1. Komponen mengalami kerusakan dan
2. Putus jalur.


Ok, dari tiga gambaran Ponsel Mati Total diatas, coba kita urutkan pemeriksaannya sebagai berikut:

1. Jalur Switch On/Off
Coba perhatikan dua gambar dibawah ini terlebih dahulu :

 
Gambar Pertama adalah “gambaran” Switch On/Off dan Gambaran Kedua adalah “gambaran” jalur Switch On/Off ke IC Power.

Catatan : 

Untuk Switch On/Off terdapat dua jenis, PERTAMA seperti gambaran diatas dan yang kedua berbentuk dua lingkaran kecil dan besar (lihat keypad di PWB ponsel).

Sedangkan untuk Gambar KEDUA, untuk Ponsel Cina biasanya IC Power telah terintegrasi dengan CPU seperti pada MTK6235, MTK6233 dan MTK6253.

Apa yang mesti dilakukan jika mendapat kasus Ponsel Matot di jalur Switch On/Off???




Lakukan langkah-langkah sebagai berikut ;

- Bersihkan switch on/off

Bersihkan switch on/off dengan cairan tiner, kemudian coba nyalakan ponsel. Jika switch on/off rusak, ganti.



- Cek tegangan switch on/offTegangan yang dibutuhkan switch on/off adalah sebesar 3.7 volt, jika tegangan tersebut kurang atau hilang, lakukan pengecekan jalur switch on/off.

- Cek jalur switch on/off

Setelah langkah diatas tapi ponsel masih belum nyala, coba cek jalur switch on/off yang menuju IC power. Lakukan pergantian komponen-komponen yang rusak. Lakukan jumper antar komponen di jalur switch on/off bila jalur tersebut putus.

 
2. Jalur Supply Tegangan Ponsel
Seperti contoh gambaran kasus diatas, (saat dihidupkan dengan baterai, tetapi coba hidupkan dengan Power Supply, ponsel langsung nyala), berarti yang bermasalah ada pada “Baterai”nya, Tinggal ganti langsung Nota. Namun, coba kita dalami saja kerusakannya pada Jalur konnektor baterai sampai dengan IC Power, Lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

-  Cek konektor bateray
Lakukan charging tanpa baterai, kemudian cek tegangan di konektor bateray di kaki konektor. Jika pada saat pengecasan kaki-kaki konektor  tidak mengeluarkan tegangan sebesar 3.7 ~ 5 volt, cek konektor bateray tersebut, jika rusak lakukan penggantian.

-    Cek jalur konektor bateray
Jika dalam proses charging kemudian switch on/off ditekan tetapi ponsel masih belum menyala, ada kemungkinan jalur konektor baterai ada yang putus. Lakukan jumper bila jalur tersebut terputus.

-    Cek tegangan baterai.
Untuk lebih jelasnya, baca kembali artikel tentang Tegangan Baterai Ponsel pada artikel yang lalu.


3. IC Power
Bila semua pengecekan diatas telah dilakukan dan hasilnya bagus, berarti IC power bermasalah. Baca kembali artikel yang lalu tentang Syarat Tegangan Kerja Ponsel.

Namun, biasanya para teknisi coba “mengakali” permasalahan tersebut dengan menggoyang IC Power dengan panas blower secara perlahan. 

Bagaimana setelah IC Power digoyang Ponsel Mati Total???, coba lakukan Angkat-Cetak dan Pasang kembali IC Power.

Lalu, bagaimana setelah Angkat-Cetak dan Pasang IC Power Ponsel masih Bandel tidak mau Hidup??? Coba ganti IC Power dengan yang baik.


KESIMPULAN PERBAIKAN PONSEL MATI TOTAL :







0 komentar:

Posting Komentar