Home » » Bingung Dengan Instalasi Windows 8 “Cara Mudah Install Windows 8”

Bingung Dengan Instalasi Windows 8 “Cara Mudah Install Windows 8”

Teknologi Support – Cara Install Windows 8 sangat mudah, mirip dengan cara instal windows 7, namun ada perbedaan untamanya adalah saat Anda selesai menginstall Windows. Anda akan dibawa untuk membuat profile account online atau yang lebih di kenal dengan sebutan Microsoft account. Jika komputer yang terhubung ke jaringan internet, kita bisa membuat Local account seperti yang biasa dilakukan pada versi-versi Windows sebelumnya. Bagaimana cara Install windows 8?, lanjut kita baca.. 

1. Spesifikasi Komputer 
Sebelum memulai mempelajari Cara Install Windows 8, terlebih dahuku kita harus memperhatikan dulu spesifikasi hardware komputer yang kita miliki, apakah sudah memenuhi syarat untuk menjalankan Windows 8 atau belum ?. 

Berikut spesifikasi minimal yang harus dipenuhi untuk Windows 8: 

Windows 8 X86 (Versi 32-Bit) 
- 1 GHz Processor 
- 1 GB RAM 
- 16 GB Space Hardisk 
- DirectX 9 graphics device dengan WDDM 1.0 atau diatasnya 

Windows 8 X86_64 (Versi 64-Bit) 
- 1 GHz Processor 
- 2 GB RAM 
- 20 GB Space Hardisk 
- DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 atau diatasnya 


2. Setting BIOS 
Sebelum memulai membahas tentang cara instal windows 8, terlebih dahulu pelajari cara setting BIOS agar mudah booting dengan CD/DVD (baca artikel diblog ini tentang cara booting dengan CD/DVD) 


3. Upgrade Atau Fresh Install..?? 
Ada dua metode Install windows 8, yaitu upgrade dan fresh Install. Untuk yang pertama kali Install Windows dengan versi Windows 8, gunakan pilihan yang pertama yaitu fresh Install dengan memformat ulang dan membumi hanguskan semua aplikasi-aplikasi dan settingan-settingan pada Windows sebelumnya. Alasannya sih biar lebih fresh gitu, dan lagian belum tentu juga aplikasi-aplikasi pada Windows lama Anda akan support di versi Windows terbaru. 

Pilihan upgrade tidak selamanya tepat, tergantung situasi dan kondisi komputer kita, biar tidak bingung, berikut pertimbangan untuk memilih upgrade atau fresh install. 


4. Upgrade Dari Windows Sebelumnya Ke Windows 8 
- Jika ingin mengupgrade Windows ke versi Windows 8 enterprise, maka versi Windows sebelumnya haruslah yang versi enterprise juga (misalnya Windows 7 enterprise, Vista enterprise), Kita tidak bisa melakukan upgrade dari versi Windows 7 home atau Windows 7 ultimate ke Windows 8 enterprise. Kita harus melakukan clean install untuk berpindah ke versi enterprise. 

- Upgrade dari Windows 7 ke Windows 8 seluruh program, setting dan personal files akan tetap tersimpan dan masih bisa digunakan. Upgrade dari Windows Vista ke Windows 8 setting dan personal files kita tersimpan, namun program tidak dapat dijalankan lagi, sedangkan upgrade dari Windows XP ke Windows 8 hanya menyimpan personal files Anda saja. 

- Windows yang akan di upgrade harus dalam versi BIT yang sama, Windows 7 32 bit hanya bisa di upgrade ke versi Windows 8 32 bit, Windows 7 64 bit hanya bisa di upgrade ke Windows 8 64 bit, begitu juga dengan versi yang lain seperti XP 64 bit, Vista 32 bit dan lain sebagainya. 

Untuk instalasi menggunkan proses upgrade, caranya cukup gampang : 
1. Back up semua data penting Anda ke media external seperti UFD, DVD, atau Hard disk external 
2. Masukan CD/DVD atau UFD instalasi Windows 8 Anda 
3. buka CD/DVD Anda, lalu double klik setup.exe 4. hingga muncul jendela pop up seperti gambar dibawah, klik tombol install now


5. Pada jendela selanjutnya isikan product key atau serial number, product key ini bisa temukan pada kemasan DVD master Windows 8 6.cara instal windows 8 selanjutnya, jika komputer Anda online dan Windows yang Anda gunakan adalah Windows original, pada jendela dibawah ini pilih go online to install updates now, untuk mendapatkan update terbaru dari Windows Anda, tapi jika komputer offline atau koneksi internet, kita cap kembang kenyot alias lemot dan Anda males nunggu proses donwload updates maka Anda bisa memilih menu no thanks. Mungkin Anda akan di takut-takuti bahwa instalasi nantinya bisa gagal jika Anda memilih menu no thanks.


7. jika memilih no thanks, maka akan langsung dibawa ke jendela agreement, klik aja box pilihan i accept license term lalu pilih Next 

8. Pada langkah berikutnya pilih upgrade: install Windows and keep files, Settings and applications 

9. Cara install windows 8 berikutnya, tunggu selama beberapa saat, Windows 8 akan melakukan konfigurasi sistem, jika sudah muncul jendela seperti dibawah ini, itu artinya komputer kita sudah siap untuk melakukan upgrade, klik tombol install.


10. Tunggu proses instalasi selesai 

11. Setelah proses instalasi selesai, maka komputer akan restart. 

12. Selanjutnya kita akan dibawa ke jendela Personalize, pilih warna yang Anda sukai (Anda juga bisa mengubah tema warna nantinya), jika sudah klik tombol Next. 

13. Selanjutnya adalah ke jendela Settings, disini kita bisa memilih menggunakan express Settings atau ingin melakukan setting secara manual, jika ingin cepet, tapi jika memiliki waktu luang dan memang ingin melakukan konfigurasi secara manual, maka pilihlah costumize untuk melakukan settingan secara manual. 

14. Jika Anda memilih costumize, maka kitabisa mengatur sharing connection, pengaturan update Windows, pilihan untuk mengirim info ke Microsoft dan lain sebagainya. 

15. Sebagai contoh, karena nggak mau ribet maka saya memilih express Settings saja. 

16. Cara instal windows selanjutnya, pada jendela selanjutnya akan diminta untuk melakukan konfirmasi password account Anda pada Windows yang lama, isikan password user Anda dengan benar


17. cara instal windows 8 selanjutnya, bila komputer Anda online Anda bisa memasukan email Anda untuk membuat account Microsoft, account Microsoft ini nantinya berfungsi sebagai online account, jika Anda sudah memiliki Microsoft account sebelumnya ya Anda cukup memasukan email yang pernah Anda daftarkan di Microsoft. (baca bab sebelumnya tentang online account/Microsoft account ini). 

18. Jika komputer Anda offline atau memang Anda tidak ingin untuk membuat Microsoft account (gratis Microsoft account), Anda bisa langsung mengklik tombol skip atau sign in without Microsoft account, nah jika memilih opsi ini maka nanti akan login menggunakan Local account, tapi tidak usah khawatir karena nanti juga bisa membuat Microsoft account 

19. Sebagai contoh, klik skip atau sign in without Microsoft account saja untuk melewati proses ini, kita akan membuat Microsoft account nanti saja setelah proses upgrade selesai. 

20. Cara install windows berikutnya, tunggu beberapa saat dan proses upgrade telah selesai, kita pun bisa menggunakan Windows seperti semula, tanpa harus menginstall ulang semua program-program sebelumnya, praktis dan hemat waktu kan cara instal windows seperti ini…?


Sedangkan untuk cara Install Windows 8 Fresh Install, ulangi langkah ke 5 dari cara Install Windows 8 Upgarade diatas 


5. Cara Instal Windows 8 Fresh Install 

Cara instal windows berikutnya adalah fresh install. Untuk melakukan fresh/clean install caranya ya hampir sama dengan cara instal windows dengan metode upgrade, bedanya hanya terletak pada konfigurasi awalnya saja. Opsi ini akan memformat ulang drive system Anda (umumnya drive C:/) dan akan membumi hanguskan semua setting dan aplikasi yang ada didalamnya. Namun sisi positifnya, OS Anda nanti jadi fresh dan bersih kembali, segala virus dan penyakit-penyakit (yang bersifat software) yang ada didalamnya akan musnah tapi ya repotnya itu Anda musti menginstall ulang program-program kembali, so pilihan cara instal windows ada pada Anda. 


Cara install windows 8 dengan metode fresh install/clean install ikuti langkah berikut : 

1. Sebelum mulai cara install windows 8 fresh instali, Atur BIOS agar booting melalui DVD (baca caranya pada bahasan Settings BIOS) 

2. Cara install windows 8 berikutnya, masukan DVD instalasi Windows 8 dan booting melalui DVD ROM, jika ada pesan “press any key to boot from DVD..” atau sejenisnya, tekan saja sembarang tombol keyboard. 

TIPS cara Install windows 8 : 

Jika komputer sudah terInstal Sistem Operasi sebelumnya, bisa mulai melakukan Installasi tanpa harus menyetting BIOS, caranya silahkan baca langkah 1-7 cara meng-upgrade Windows diatas, kemudian pada langkah ke 7 pilih custom – Installl Windows only (advance) 

3. Tunggu hingga komputer menampilkan layar berikut :


4. Klik tombol Next, lalu klik Install now 

5. Selanjutnya, pada jendela berikutnya tandai pilihan i accept the license term lalu klik Next 

6. Pilih custom : Installl Windows only (advanced) 

7. Kemudian, pilih partisi yang akan gunakan untuk mengInstalll Windows 8, nantinya file-file system dari Windows akan diletakan di partisi ini, perlu dicatat, partisi ini nantinya akan di format sehingga semua data-data yang ada didalam partisi tersebut akan musnah, jadi sekali lagi pastikan semua data penting yang terdapat pada partisi ini sudah Anda backup terlebih dahulu. 

8. cara Install winodws 8 berikutnya, Pilih partisi dan klik tombol Next


9. Silahkan tunggu proses hingga selesai. 

10. Selanjutnya, kita akan dibawa ke halaman Personalize. Seperti halnya upgrade Windows yang sudah dibahas diatas, disini kita bisa memilih warna favorit sebagai warna tema utama Windows. Atau abaikan terlebih dahulu, nanti kita bisa menggantinya jika proses Installasi sudah selesai semuanya. 

11. Setelah memilih warna (atau biarkan dalam warna default), pada bagian PC- name, isikan nama PC kita, terserah mau diisi apa. 

12. Selanjutnya, Klik tombol Next lalu klik use express Settings jika ingin setting instan, atau klik costumize jika Anda ingin cara instal windows yang ribet dikit. 

13. Jika ingin cara install windows 8 yang cepet, pilih use express Settings, selanjutnya seperti halnya cara mengupgrade Windows tadi, pada halaman berikutnya persilahkan untuk membuat Microsoft account (yang juga bisa dibuat nanti setelah instalasi selesai). 

Jika ingin membuat Microsoft account silahkan isikan email yang akan kita gunakan untuk mendaftar kemudian ikuti prosesnya. Jika ingin proses cepat dan ingin membuat Microsoft account nanti setelah instalasi beres, maka klik sign in without Microsoft account. 

14. Berikutnya, Pada jendela berikutnya klik Local account. 

15. Isikan username dan password yang kita kehendaki, lalu klik tombol Finish.


16. Tunggu selama beberapa saat dan Selesai. 


Cara Instal Windows – Kesimpulan : 

Jadi, Anda sendirilah yang bisa menentukan metode instalasinya, apakah menggunakan sistem upgrade ataukah fresh/clean install, tapi saya akan memberikan beberapa masukan kepada Anda : 

Bila Windows Anda sebelumnya bersih, tidak banyak masalah, tidak banyak virus atau masalah-masalah software lainnya maka gunakanlah metode upgrade 

Jika software-software yang terinstall pada Windows Anda sebelumnya sangat banyak dan semuanya memang software yang support Windows 7, maka lakukanlah metode upgrade karena Windows 8 mensupport semua aplikasi yang disupport Windows 7, lagi pula nantinya tidak perlu menginstall ulang satu persatu software yang akan memakan banyak waktu. 

Bila Windows versi sebelumnya memiliki bit yang sama dengan bit Windows 8 Anda (sama-sama 32 bit atau sama-sama 64 bit) maka lakukanlah upgrade. 

Bila Windows versi sebelumnya adalah Vista atau XP maka lakukanlah clean/fresh install, karena mengupgrade Vista atau XP ke Windows 8 sama-sama harus menginstall kembali semua software. Jadi percuma saja, mending clean install sekalian biar bersih.. 

Bila Windows sebelumnya berpenyakitan, ber-virus, banyak masalah (software), maka lakukanlah clean install 

0 komentar:

Posting Komentar