Home » » Perawatan Optical Driver Pada Komputer/Laptop

Perawatan Optical Driver Pada Komputer/Laptop

Teknologi Support - Merawat optical drive tidak begitu sulit. Jika anda memiliki laptop sebaiknya anda juga harus mengetahui tips menjaga lensa optik pada laptop agar tidak cepat rusak. Optik adalah komponen yang paling penting pada laptop. Optik tugasnya untuk membaca DVD atau CD. Selain itu juga dapat digunakan untuk membakar DVD atau CD. Jika Optik dalam keadaan tidak baik (melemah), maka dalam proses membaca DVD atau CD juga tidak akan cepat. Berikut ini beberapa jenis optik dan cara merawat optik dengan benar untuk menghindari kerusakan pada optiknya.


Jenisnya ada 5 dan semuanya sesuai dengan kemampuan masing-masing : 

- CD-Rom : hanya dapat untuk membaca CD. 
- CD-RW : dapat untuk membakar/burning dan membaca CD. 
- DVD-Rom : dapat untuk membaca DVD dan CD. 
- DVD-Combo : dapat membaca DVD dan CD, selain itu juga dapat membakar CD. 
- DVD-RW, dapat untuk membakar/burning dan membaca DVD dan CD. 


Dibawah ini Tips merawat optical drive sebagai berikut : 

1. Proses menarik DVD/CD setelah selesai digunakan, haruslah dengan cara yang tepat, bila tidak biasanya pada optik akan terjadi gesekan dan bila hal ini terus terjadi dapat merusak optik. Lebih baik menarik CD keatas jangan kesamping. 

2. Jika akan mengeluarkan DVD/CD, posisinya juga harus diperhatikan. Bila tidak diperhatikan, optik jadi tidak awet atau cepat rusak. Cara mengeluarkan DVD/CD ialah, saat akan menarik DVD/CD, satu jari anda menekan pada bagian tengah, kemudian jari-jari lainnya menarik CD tersebut keatas. 

3. Jika DVD/CD sering digunakan, maka DVD/CD juga akan cepat lecet. Keadaan DVD/CD seperti itu membuat kinerja optik menjadi ekstra keras saat membaca DVD/CD, apalagi CD anda tidak asli, dapat dipastikan sangat keras. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan CD mempunyai kondisi yang normal saat memasukkan pada optical drive. 

4. Selain itu, lakukan lakukan perawatan pada CD, kemudian jangan sampai letakkan CD di sembarang tempat untuk menghindari goresan dari benda lain. Sebaiknya anda menyimpannya ditempat bersih dan aman. agar CD tidak lecet. 

0 komentar:

Posting Komentar