Home » , , , » Mendaftar Di Media Penyimpanan Online “Google Drive”

Mendaftar Di Media Penyimpanan Online “Google Drive”

Teknologi Support – Dalam perkembangannya, Google mengembangankan sebuah fasilitas penyimpanan berbasis cloud computing (baca artikel sebelumnya tentang cloud computing). Fasilitas Google tersebut diberima nama Google Drive, yaitu sebuah media untuk peyimpanan dan berbagi file secara online. Layanan yang disediakan oleh google ada yang bersifat gratis (space sebesar 5 Giga Byte) dan layanan berbayar (space penyimpanan hingga 16 Tera Byte). 



Untuk kenal lebih jauh tentang Google Drive, kila langsung coba daftar dan berikut langkah-langkahnya : 


DAFTAR GOOGLE DRIVE
1. Untuk menikmati layanan Google Drive kita harus Login dengan account gmail kita disini

2. Knda akan dibawa ke jendela My Drive, dimana disitulah file-file kita akan disimpan. Apabila sebelumnya telah mempunyai dokumen di google docs, maka file-file yang telah dibuat lewat google doc tersebut akan ada di jendela My Drive diatas.

3. Pada Jendela My Drive, kita bisa langsung membuat dokumen (menggunakan fasilitas google docs) dengan menekan tombol Create atau meng-upload dokumen dari komputer dengan menekan simbol hardisk (storage). 


MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE DI KOMPUTER 

1. Anda juga bisa mendownload aplikasi Google Drive for PC. Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah mensinkronkan file-file di komputer kita ke tempat penyimpanan di My Drive tadi. 

2. Setelah didonwload, instal dan jalankan aplikasi Google Drive for PC dan kemudian login dengan account gmail. Setelah login, pada saat pertama kali digunakan akan ditampilkan jendela seperti dibawah:


4. Secara default folder Google Drive di komputer dengan sistem operasi windows 7 akan tersimpan di folder "C:\Users\nama_user\Google Drive". Untuk menentukan lokasi yang lain, klik aja tombol Advanced setup. 

5. Setelah proses seting lokasi folder selesai, selanjutnya kita tinggal drag n drop aja file-file yang akan kita simpan ke Google Drive lewat folder tersebut. 


Beberapa keunggulan dari Google Drive ini adalah terintegrasi dengan Google Docs dan memungkinkan pengguna untuk mengakses file atau dokumen dari manapun dan mengerjakan dokumen bersama rekan kerja dalam waktu bersamaan. Pengguna juga tak perlu lagi repot menginstall banyak software, karena Google Drive memungkinkan segala macam jenis file, misalnya file dengan format PSD (photoshop) atau HD Video dibuka melalui browser (misal Google Chrome).

Untuk Anda yang tertarik untuk meyimpan file secara onlie dengan google drive ini, Google Drive tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows dan Mac, smartphone dan tablet Android. Sedangkan keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini juga akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch.

0 komentar:

Posting Komentar