Home » » Kerusakan Dan Perbaikan MMC/Jalur Memory Pada Ponsel

Kerusakan Dan Perbaikan MMC/Jalur Memory Pada Ponsel

Teknologi Support – artikel yang lalu kita telah membahas tentang Kerusakan Microphone dan Speaker Pada Ponsel Artikel kali ini kita akan membahas tentang Kerusakan Dan Perbaikan MMC/Jalur Memory Pada Ponsel. Sebagai bahan analisa, kita akan mempergunakan contoh kerusakan pada ponsel Nokia. Ponsel Nokia kami pakai sebagai studi kasus karena, sistem kerja yang struktural dan lebih mudah difahami. Selain itu, teori yang dipergunakan dapat dijadikan acuan Pengenala Dasar Sistem Kerja Ponsel secara keseluruhan. Walaupun pada praktek dilapangan akan berbeda untuk beberapa tipe.


Ada dua penyebab kerusakan MMC, yang pertama kerusakan MMC dan kerusakan pada komponen / jalur MMC Card (perangkat ponsel). 



Perhatikan skema dibawah ini :



                                            (Gambar 1: Skema Jalur MMC Nokia N80)



Pada sistem kerja ponsel dibagian MMC, slot MMC Card akan mendapatkan tegangan dari Emif dan Level Shifter (untuk penjelasan jalur pin di slot MMC, akan dijelaskan lebih lanjut). 



Ada dua jenis kerusakan MMC, yaitu :

1. Kerusakan pada fisik MMC card
2. Kerusakan pada fisik ponsel


Kerusakan pada fisik MMC Card terdiri dari :
- System error,
- MMC terkunci,
- Versi software tidak kompatibel,
- Faktor virus dan
- Karena software.


a. System error.
Pada umumnya dikarenakan mutu MMC Card yang kurang baik. Solusinya dengan memformat MMC card melalui perangkat komputer/ponsel.

b. MMC Terkunci. 
Terkadang untuk menjaga kerahasiaan isi dari MMC card, kita memberikan password agar tidak mudah dibuka oleh pihak lain secara sengaja maupun tidak. Namun, terkadang pula kita lupa akan password yang telah kita berikan dan pada akhirnya MMC card tidak bisa dibuka. Solusi yang untuk hal tersebut adalah dengan memformat ulang MMC card melalui komputer atau ponsel, dengan resiko data-data yang berada didalam MMC card akan hilang semuanya.

c. Versi software tidak kompatibel.
Untuk alasan tertentu, terkadang kita melakukan upgrade versi software dengan versi yang lebih tinggi. Namun ada beberapa kasus justru setelah di upgrade dengan versi yang lebih tinggi ponsel malah tidak mampu membaca MMC card, sedangkan jika di downgrade pada versi yang lebih rendah justru bisa membaca MMC card. Hal ini bisa terjadi karena belum tentu modul atau hardware ponsel yang di upgrade tersebut mendukung untuk versi software yang lebih tinggi atau kompatibel. Agar ponsel dapat membaca MMC card kembali, lakukan penurunan versi software atau downgrade.

d. Faktor Virus.
Virus bisa menyebabkan MMC card tidak terbaca. Berbagai virus akan terus bermunculan dan ini akan menyerang MMC card sehingga tidak berfungsi normal lagi. Salah satu penyebab MMC card terkena virus biasanya bertukar file antar ponsel atau dari komputer maupun download file dari internet yang telah terinveksi virus. Solusi untuk MMC yang telah terkena virus adalah adalah dengan memberikan aplikasi anti virus pada ponsel. Tentu saja harus selalu mengikuti perkembangan aplikasi anti virus ter-update, sehingga anti virus yang kita miliki tidak ketinggalan versi maupun kecanggihannya untuk memberantas virus. Dan untuk lebih amannya agar virus yang ada pada MMC card dan ponsel, ada baiknya ponsel di format ulang (flash) beserta MMC card.

e. Sofware
Akan dibahas pada pembahasan lain tentang analisa dan perbaikan software ponsel pada kerusakan komponen MMC.


Sedangkan kerusakan pada komponen ponsel, terdiri dari :
- MMC tidak terbaca dan
- Ponsel restart saat ponsel disisipi MMC


a. MMC tidak terbaca
Komponen yang diperiksa :

- MMC card belum terpasang dengan baik
Pastikan terlebih dahulu cara pemasangan MMC card, apakah telah terpasang dengan baik atau tidak. Jika telah yakin pemasangan MMC card terpasang dengan benar namun MMC card belum bisa terbaca, coba ganti MMC card, bisa jadi MMC card yang terpasang telah rusak.


- Konektor SIM card kotor atau rusak

Bersihkan konektor MMC dengan cairan tiner (berhati-hati dengan cairan tiner karena sifatnya yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian ponsel yang berbahan pelastik seperti casing ponsel), dan cungkil keatas. MMC card bisa saja tidak terbaca dikarenakan konektor MMC yang kotor atau kaki-kaki konektor yang bengkok, sehingga MMC card tidak bisa terbaca oleh konektor MMC atau konektor MMC telah rusak.

Solusi perbaikan, bersihkan, perbaiki atau bila perlu ganti konektor MMC.



- Tegangan di konektor SIM hilang


                                                        (Gambar 2 : Konektor MMC)

Setelah dua langkah tersebut diatas telah dilakukan tetapi MMC card masih belum terbaca, periksa tegangan yang berada pada konektor SIM tersebut dengan cara dibawah ini :


Atur avometer pada indikator buzzer.

Kemudian hubungkan Testprobe merah (+) pada ground PWB ponsel dan Testprobe hitam (-) pada kaki-kaki konektor SIM. Dalam pemeriksaa tersebut, kaki-kaki konektor SIM harus mengeluarkan nilai resistansi sbb :

Kaki 1 “Not Connected” atau tidak terhubung atau bernilai “1”

Kaki 2, 5 dan 7 : toleransi nilai resistansinya harus kurang lebih sama, hal ini dikarenakan kaki-kaki tersebut terhubung langsung dengan emif MMC, yang mempunyai toleransi nilai berkisar 5 ~ 7 point. Contoh nilai toleransi penyimpangan yang diperbolehkan : kaki 2 = 360, kaki 5 = 365 dan kaki 7 = 361. Jika tidak memenuhi toleransi nilai resistansi, lakukan pengecekan pada jalur emif ke konektor MMC dan level shfter ke emif MMC karena ada kemungkinan jalur level shifter, emif MMC dan konektor MMC tersebut terputus atau kemungkinan lain level shifter dan emif MMC bermasalah . Dari contoh tersebut diatas, kaki 2, 5 dan 7 telah memenuhi syarat toleransi nilai resistansi, yaitu berkisar 5 ~ 7 point. Kaki 2 memuat arus cmd, kaki 5 clk dan kaki 7 data. 

Kaki 3 dan 6 nilai resistansi bernilai “001” atau avometer akan berbunyi atau dengan kata lain terhubung (ground).
Kaki 4 merupakan sumber tegangan konektor MMC yang nilai resistansinya harus ada. Untuk mengetahui tegagan pada kaki konektor MMC baik atau tidak, lakukan pengetesan tegangan dengan AVOMeter. Setel AVOMeter pada indikator 20 Volt. Kemudian hubungkan Testprobe hitam (-) pada ground PWB ponsel dan Testprobe merah (+) kaki 4 konektor SIM. Kaki 4 konektor MMC harus mempunyai tegangan 2,8 Volt. Jika nilai tegangan kaki 4 konektor MMC kurang atau tidak ada, maka periksa jalur pada konektor MMC kaki 4 yang mendapat tegangan dari kapasitor dan sumber tegangan tersebut berasal dari level shifter.

- Cek JalurLakukan pemeriksaan jalur pada jalur MMC tersebut. Ada kemungkinan bila tegangan tidak nyampai ke konektor MMC dikarenakan putus jalur. Jika putus jalur, lakukan jumper.

- Cek tegangan kerja MMC (VCC MMC / VMMC) berkurang atau hilang.
Pada penjelasan sebelumnya, kaki 4 konektor MMC mengeluarkan tegangan sebesar 2,8 Volt yang sebenarnya VMMC tersebut dihasilkan oleh level shifter dan melewati kapasitor penghubung.
Secara singkat dapat dijelaskan bahwa, level shifter menghasilkan VMMC sebesar 2,8 Volt, kemudian diberikan kepada kapasitor VMMC yang selanjutnya dikirim ke kaki 4 konektor MMC.
Jika pada kasus kaki 4 konektor MMC tidak mengeluarkan tegangan yang seharusnya/hilang, solusinya lakukan jumper / curi tegangan dari kapasitor yang memiliki nilai tegangan yang sama dengan VMMC. 
Contoh : Tegangan normal VMMC sebesar 2,8 volt. Tetapi tegangan VMMC ponsel kita hanya sebesar 0,8 Volt dengan demikian nilai tegangan VMMC mengalami penyimpangan. Untuk itu kita dapat men-jumper dari tegangan VAUX sebesar 2,8 Volt ke VMMC, sehingga tegangan VMMC setetalah di jumper sebesar 2,8 Volt.

- Emif MMC dan Level ShifterDari gambar tersebut diatas dapat diterjemahkan bahwa emif MMC memberikan tegangan kerja kepada konektor MMC (kaki MMC 2, 5 dan 7) yang sumber tegangan emif MMC itu sendiri bersumber dari level shifter. Bila level shifter telah memberikan tegangan kerja kepada emif MMC dengan baik, namun konektor MMC tidak bisa mengeluarkan tegangan yang seharusnya, ada kemungkinan level shifter bermasalah atau IC CPU bermasalah atau jalur antara level shifter ke Emif MMC dan jalur dari IC CPU ke level shifter putus jalur. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menggoyang emif SIM dan level shifter dengan panas blower (ada kemungkinan timah dibawah emif dan level shifter retak sehingga perlu diperbaiki) atau bisa jadi emif SIM / level shifter telah rusak. Jika emif SIM / level shifter telah rusak, maka lakukan penggantian emif SIM / level shifter dengan emif SIM / level shifter yang baik.

- IC CPU
CPU merupakan serangkaian komponen elektronika yang terintegrasi dan akan berfungsi sesuai dengan tugasnya masing-masing. Komponen ini mempunyai tugas yang sangat signifikan, karena komponen ini merupakan otak dan suatu ponsel. Dengan kata lain CPU adalah pusat dan sistem kerja ponsel.
Masih dari gambar jalur konektor MMC diatas dapat pula di jelaskan bahwa, konektor MMC (kaki 2, 5 dan 7) mendapat tegangan dari emif SIM, level shifter dan sumber tegangan tersebut bersumber dari IC CPU. Jika emif SIM / level shifter telah baik dan jalur IC CPU telah baik pula, maka dapat dipastikan bahwa IC CPU bermasalah. Goyang IC CPU atau bila perlu lakukan penggantian


b. Restart
Kadangkala ponsel restart sendiri setelah MMC Card dimasukkan. Solusinya adalah dengan mensoftware ulang ponsel.

0 komentar:

Posting Komentar