Home » » Sistem Kerja Ponsel Pada Bagian Data Dan Audio

Sistem Kerja Ponsel Pada Bagian Data Dan Audio

Teknologi Support – Setelah artikel yang lalu kita telah membahas tentang Sistem Kerja Ponsel Pada Bagian Signal , kali ini kita akan membahas bagian ponsel yang lain yaitu Bagian Data dan Audio. Seperti yang kita ketahui bahwa Struktur Dasar Rangkaian Ponsel terdiri dari empat bagian, yaitu : Bagian Tegangan, Bagian Signal (RX dan TX), Bagian Data (Operating System) dan Bagian Audio. Panpa berpanjang lebar, ita langsung saja bahas dua bagian tersebut.

(NB : Sebagai dasar sistem kerja bagian tegangan, teori yang diambil berasal dari sistem kerja Ponsel Nokia).



BAGIAN DATA (Operating System)

Bagian Data ini berfungsi sebagai Operating System yang bertugas mengolah data dan yang memberi perintah kepada seluruh bagian yang terdapat pada ponsel.

Komponen yang bekerja pada bagian ini antara lain :

1. IC CPU / UPP    
2. IC RAM
3. IC FLASH
4. Keypad
5. LCD

Dari ke lima komponen tersebut, CPU merupakan central dari semua sistem kerja sebuah ponsel dan dibantu oleh komponen yang lain. Dan sedangkan untuk Bagian Data ini, komponen yang membantu tersebut diatas, memiliki tugas-tugas seperti dibawah ini :

1. IC CPU adalah pusat pengolahan data pada ponsel.
2. IC CPU bekerja dibantu oleh IC RAM sebagai penyimpan Operating System / Program yang berjalan pada ponsel dan IC Flash yang menyimpan data-data yang bersifat sementara, yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan pengguna ponsel.
3. Keypad disini berfungsi memerintahkan CPU untuk melakukan proses data sesuai keinginan pengguna Pesawat Telepon Selular
4. Sedangkan LCD, mendapat perintah dari CPU untuk menampilkan seluruh proses yang sedang berjalan pada ponsel.


Untuk sistem kerja pada Bagian data adalah :

1. Data dimasukkan ke ponsel melalui program yang telah ada pada komputer dengan perantara kabel flash (untuk flasher) dan kabel data (untuk apikasi).
2. Data dari komputer yaitu PPM dan MCU masuk ke IC Flash dan IC Flash menyimpan data PPM yang terdiri dari menu, aplikasi dan bahasa, jenis data ini bersifat sementara yang dapat dirubah langsung oleh pengguna.
3. Sedangkan data MCU dikirim ke EEPROM (Elctrically Erase Programable Read Only Memory ) yang terdiri dari Identitas ponsel yaitu IMEI, Sec.Code dan Phone Code.
4. CPU dibantu oleh IC RAM berfungsi memproses data PPM yang ada pada IC flash untuk diteruskan ke IC hardware dan ditampilkan pada layar (LCD) dan memeriksa data pada EEPROM sebagai identitas ponsel untuk dapat dikenal oleh CPU.


BAGIAN AUDIO

Ada 3 komponen yang bekerja pada Bagian Audio, yaitu :
1. IC Audio
2. Speaker
3. Microphone


Dari ketiga komponen tersebut diatas, sistem kerja pada setiap bagian audio dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. IC audio menerima Signal Suara dari IC RF untuk diperkuat kemudian diteruskan ke Speaker. Pada Speaker, sinyal suara diubah menjadi getaran suara sehingga dapat di dengar.
(Perhatikan gambar dibawah ini : )



b. Microphonemerubah getaran suara menjadi Signal Suaradan diteruskan ke IC Audio. Pada IC Audio, Signal Suara diperkuat dan diteruskan ke IC RF untuk di pancarkan melalui Bagian Signal Pemancar (TX).


(Perhatikan gambar dibawah ini : )



c. Fungsi CPU sebagai pengontrol dari kerja IC Audio dan mengatur kinerja IC Audio yang berbentuk data.
(Perhatikan gambar dibawah ini : )



d. Tegangan yang masuk ke IC Audio yaitu VBB sebagai tegangan stanby, Cobba sebagai tegangan input saat untuk kerja seluruh bagian pada IC audio.



(Perhatikan gambar dibawah ini : )






Pada skema diatas, ponsel Nokia type 6630 mempergunakan Dual Engine Structure (struktur mesin ganda dengan RAP3G dan HELEN sebagai CPU atau processornya, sedangkan RETU dan TAHVO sebagai IC power) sebagai system kerjanya. Dengan demikian, IC Audio telah digabungkan kedalam RETU (tanpa IC audio yang terpisah)

0 komentar:

Posting Komentar